Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Prof. Dr. Grahita Chandrarin, M.Si., Ak., CA (Direktur Program Pascasarjana Unmer Malang) dan Dr. Retna Safriliana, SE., M.Si., Ak., CA (Wakil Dekan I FEB Unmer Malang), menghadiri kegiatan International Academic Program dan International Community Service di Bangkok-Thailand, pada tanggal 21-22 Agustus 2024. Kegiatan ini, merupakan kolaborasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Malang bersama 13 Perguruan Tinggi di Malang Raya dan sekitarnya, serta diikuti oleh 35 orang dosen. Kegiatan ini sangat penting untuk meraih dan mempertahankan akreditasi Unggul di LAMEMBA, karena tuntutan Internasional, di bidang Tridharma Perguruan Tinggi. Acara ini berlangsung di Krirk University, yang merupakan Perguruan Tinggi Swasta Islam terbaik (rangking 1) di Bangkok.

Kegiatan ini, diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman “Memorandum of Understanding (MoU)” antara Krirk University dengan 13 Perguruan Tinggi se-Malang Raya (Indonesia), antara lain: Universitas Merdeka Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Widyagama, Politeknik Negeri Malang, Universitas Wisnuwardhana, Universitas Gajayana, dan lainnya. Kegiatan MoU dihadiri oleh, President Krirk University, Prof. Dr. Krasae Chanawong dan Vice President for Academic Affairs Associate, Prof. Supat Teravecharoenchai, dan perwakilan Unmer Malang, yaitu Prof. Dr. Grahita Chandrarin, M.Si., Ak., CA. Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Panel yang salah satu pembicaranya adalah,Prof. Dr. Grahita Chandrarin, M.Si., Ak., CA, yang mengambil topik tentang Perkembangan Artificial Intellegence (AI). Sementara itu Dr. Retna Safriliana, SE., M.Si., Ak., CA, memberikan materi perkuliahan di kelas International Business College dengan topik Current Issue in Research of Auditing. Mahasiswa kelas International Business College ini, sangat antusias dalam diskusinya, karena riset auditing bisa dikaitkan dengan dengan fraud, audit forensik, dan usefull of technology for help audit finding.

Acara selanjutnya adalah International Community Service bersama Muslim Business Matching, Bangkok dengan tema: “Sharing Halal Food in Indonesia and Get of Certification Halal”, dengan pembicara: Dr. Eka Ananta Sidharta, SE., MM., Ak., CA., CFrA (Dosen Universitas Negeri Malang), dan diselenggarakan di Hotel Maroz, Bangkok. Audien dalam acara tersebut adalah CEO Islamic Hospital, Direktur Hotel, dan beberapa orang lainnya sebanyak 30 orang peserta. Acara diakhiri dengan foto bersama dan saling tukar cenderamata serta komitmen untuk implementasi kegiatan yang lain, di Indonesia.

Leave a Comment