Visi dan Misi FEB

Visi dan Misi

Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka  Malang adalah :

Menjadi “Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terkemuka dalam pengembangan SDM yang berjiwa wirausaha pada skala nasional dan Internasional”.

Misi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka  Malang dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang berkualitas pada jenis  pendidikan akademik dan vokasi  untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi, berjiwa wirausaha dan berdaya saing Nasional dan Internasional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mendorong peningkatan image dan reputasi Fakultas serta terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi Fakultas yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional.
  3. Melaksanakan tatakelola Fakultas yang berbasis Sistem Informasi Manajemen sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA) yang menganut prinsip-prinsip tatakelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) kelembagaan yang menganut prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good university governance).
  4. Menjalin kerjasama-kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.

Tujuan Strategis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang diuraikan sebagai berikut:

  1. Tujuan jangka panjang (2025-2035). Tujuan jangka panjang FEB Unmer Malang sebagaimana tertuang dalam Visi, yakni menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terkemuka pada skala nasional dan internasional pada tahun 2035.
  2. Tujuan jangka menengah (2016-2025). Tujuan jangka menengah mewujudkan FEB Unmer Malang sebagai Fakultas setara dengan FEB Perguruan Tinggi ternama serta terciptanya suasana akademik yang kondusif di Fakultas, yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional tahun 2025. Tujuan jangka menengah secara garis besar mencakup ketercapainya pengembangan sesuai dengan 4 pilar pengembangan pendidikan tinggi, sebagai berikut:
    1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pada jenis program pendidikan akademik, vokasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi, berjiwa wirausaha dan berdaya saing Nasional dan Internasional.
    2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mendorong peningkatan image dan reputasi Fakultas serta terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi Fakultas yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional.
    3. Melaksanakan tatakelola Fakultas yang berbasis Sistem Informasi Manajemen sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA) yang menganut prinsip-prinsip tatakelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) kelembagaan yang menganut prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good university governance).
    4. Menjalin kerjasama-kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.

Sasaran Strategis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang. Sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan sebagaimana diuraikan di atas, sasaran pencapaian program pengembangan RENSTRA 2016-2015 adalah sebagai berikut:

  1. Sasaran Strategis untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan tinggi yang berkualitas di Fakultas, untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi, berjiwa wirausaha dan berdaya saing Nasional dan Internasional, adalah:
    1. Peningkatan kualitas layanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
    2. Peningkatan kuantitas dan kualitas mahasiswa baru.
    3. Peningkatan kompetensi dan relevansi lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan pengguna.
    4. Rekonstruksi kurikulum.
    5. Peningkatan kualitas akademik dan profesi dosen dan perbaikan atmosfir akademik.
  2. Sasaran dari tujuan meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk menodorong peningkatan image dan reputasi Fakultas serta terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi Fakultas yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional, adalah:
    1. Peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
    2. Peningkatan penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
    3. Peningkatan fungsialisasi laboratorium dan pusat kajian sebagai penunjang kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Sasaran dari tujuan meningkatkan kualitas tatakelola lembaga menuju “good Faculty governance”  yang berbasis Sistem Informasi Manajemen sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA), sebagai berikut:
    1. Penyesuaian Struktur Organisasi Fakultas dan program studi serta unsur pendukung.
    2. Kelengkapan kebijakan dan peraturan serta kode etik yang menjamin tatakelola yang kredibel, akuntabel, bertanggungjawan dan adil.
    3. Peningkatan kualitas perencanaan dan evaluasi kinerja unit pelaksana tugas.
    4. Pengembangan SIM Akademik (SIAKAD), SIM SDM, dan SIM Penjaminan Mutu.
    5. Peningkatan keanekaragaman sumber-sumber pembiayaan.
  4. Sasaran dari tujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama-kemitraan dengan institusi di dalam maupun luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan FEB Unmer Malang yang memiliki daya saing dan bereputasi internasional, adalah:
    1. Peningkatan kualitas kerjasama dan kemitraan yang sudah ada dengan institusi dalam dan luar negeri.
    2. Pengembangan kerjasama dan kemitraan baru dengan institusi dalam dan luar negeri.
© FEB Unmer Malang. All rights reserved.