Workshop Kegiatan Pengembangan Modul Pembelajaran Dan Modul Nusantara

Kementerian pendidikan bersama dengan Universitas Padjajaran mengadakan workshop kegiatan pengembangan modul pembelajaran dan modul nusantara. Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi program kementerian pendidikan, yaitu (MBKM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program ini adalah wujud serius dari pemerintah dalam bidang pendidikan untuk upaya pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 1-3 Juni 2021 dilaksanakan secara daring (online). Kegiatan ini diikuti hampir 11.000 peserta yang terdiri dari rumpun sosial humaniora, sains dan teknologi, agro kompleks, serta kesehatan.

Acara yang berlangsung selama tiga hari terbagi menjadi beberapa sesi. Pada hari pertama disampaikan materi mengenai pengembangan modul pembelajaran daring oleh Ryan Hara Permana S.Kep., Ns., MN. Keperluan modul pada saat ini menjadi elemen penting untuk mendukung pembelajaran secara daring. Ryan menyampaikan, modul yang disusun untuk pembelajaran daring harus memenuhi kriteria agar dapat terserap secara maksimal. Pertama modul harus mudah dipahami, kedua terdapat penjelasan secara jelas, ketiga modul memudahkan mahasiswa lintas keilmuan untuk belajar. Pada hari kedua dan ketiga dipaparkan mengenai penyusunan modul nusantara. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui bimbingan secara berurutan dan berulang. Keberadaan modul nusantara sendiri bertujuan untuk memaksimalkan ruang perjumpaan antar mahasiswa, menambah pemahaman, dan pengendapan makna toleransi. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara yang bersumber dari berbagai golongan, suku, ras, agama dan kepercayaan.

Sementara itu, dalam rangka menyukseskan program MBKM Program Studi Manajemen Universitas Merdeka Malang juga turut andil dalam kegiatan workshop tersebut. Adapun beberapa dosen yang terlibat dalam kegiatan yang dilangsungkan secara tiga hari tersebut. IRANY WINDYASTITI, SE., dan MM MUH.  NURSINGGIH, SE., MM  mengampu mata kuliah teori portofolio dan analisis investasi, Dr. M. CH. SINA SETYADI, MBA mengampu mata kuliah manajemen lintas budaya, MUH.  NURSINGGIH, SE., MM, dan DRS. NIRWANA, MM mengampu mata kuliah pemasaran jasa dan pemasaran pariwisata, DR. PUDJO SUGITO MBA, DRA. dan KURNIA ISNUWARDIATI, MM manajemen proyek, DR. RUDY WAHYONO, Msi dan DRS. KAMALUDDIN, MM perbankan syariah, DR. FAJAR SUPANTO, Msi  dan MAULID AGUNG, SE., MM komunikasi negosiasi bisnis DR. BOGE TRIATMANTO, MM, dan DR. TANTO GATOT S, MS MSDM internasional, DR. SYARIF HIDAYATULLAH, MM metode penelitian bisnis, serta DRA. DIAH WIDIAWATI, MM modul nusantara.

June 10, 2021

0 responses on "Workshop Kegiatan Pengembangan Modul Pembelajaran Dan Modul Nusantara"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© FEB Unmer Malang. All rights reserved.
Skip to toolbar